Profil Dinas

Dalam rangka pelaksanaan reformasi birokrasi, setiap Kepala Daerah harus menpunyai Visi dan Misi dalam melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan sehingga diperlukan rencana-rencana strategis. Rencana strategis tersebut haruslah terukur dan berkesinambungan dan mendukung program pemerintah yang lebih tinggi. Rencana strategis dimulai dengan melihat Visi dan Misi Walikota Palembang Terpilih 2019-2023.


Berdasarkan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Dinas/Badan/Kantor/ adalah termasuk pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dengan kapasitas sebagai pengguna anggaran yang wajib menyusun Rencana Strategis Satuan Kerja Perangkat Daerah (Renstra-SKPD) dan Rencana Kerja Satuan Perangkat Daerah (Renja-SKPD).


Rencana Strategik merupakan suatu proses yang berorientasi pada hasil yang ingin dicapai selama kurun waktu tertentu (1-5 tahun) dengan memperhitungkan potensi, peluang, dan kendala yang ada atau mungkin timbul, Rencana strategik mengandung visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, dan kebijakan, program, dan kegiatan yang realistis dengan mengantisipasi perkembangan masa depan.


Sebagai aplikasi dari uraian di atas, maka Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palembang sebagai salah satu Satuan Kerja Perangkat Daerah perlu membuat suatu rencana strategis yang akan mendukung kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemerintah Kota Palembang, Tahun 2019-2023.